Komputer yang kita pakai sekarang sudah merasakan beberapa kali evolusi, sebelum dibuat diperlukan sebuah rancangan terlabih dahuli atau Design Komputer. Design Komputer adalah seni menghasilkan komputer menurut spesifIkasi biaya dan kinerja yang berdaya saing. Arsitektur komputer adalah seni membuat spesifIkasi yang berlaku sepanjang beberapa generasi teknologi.
Seperti Johann Sebastian Bach, yang menggubah musik untuk dimainkan dengan piano, menghadapi kendala selera instrumen dan cita rasa musik pada jamannya. Dalam keberadaan kendala tersebut, ia menghasilkan melodi tambahan dalam suatu aransemen yang kompleks dan dalam irama gembira. Kita masih bisa menikmatinya sekarang, sekitar 250 tabun darijamannya. Kejeniusannya menggema sepanjang 10 enerasi manusia, yang hidup lebih lama dari pada gelombang perubahan artistik, politik, dan sosial.
Di atas ialah sebuah analogi tentang sebuah evolusi, begitu pula komputer juga memiliki beberapa evolusi. Para perancang komputer, menggunakan bakat dan kepandaian untuk memanfaatkan teknologi yang telah ada dengan tepat. Permasalahan yang dihadapai para perancang komputer ialah menyusun bagian yang memanfaatkan atau mengeksploitir seperangkat teknologi barn, khususnya apabila anda belum mengetabui secara pasti mengenai teknologi yang akan ada.
Arsitek komputer, harns melihat 20 tabun ke depan dan memvi- sualisasikan teknologi masa datang, agar ia dapat menciptakan mesin atau komputer yang dapat mengikuti perubahan teknologi dengan baik. Pada dua dekade yang lalu, kebanyakan arsitek tidak menyadari bahwa keputusannya untuk merancang mesin yang barn akan berdampak pada mesin yang dirancang 20 tahun atau lebih pada masa berikutnya.
Mari kita maju beberapa tahun kemudian, pada tahun 1960-an,dihasilkan gagasan mengenai rumpun komputer. Di sini seluruh anggota rumpun atau keluarga menjalankan program yang sarna dan memelihara kompatibilitas dengan hardware generasi sebelumnya apabila akan dilakukan implementasi yang berdasarkan pada teknologi yang barn. Apa yang membuat rumpun komputer berhasil? Kuncinya adalah dengan menciptakan arsitektur yang dapat diimplementasikandengan berbagai cara, untuk menjangkau berbagai macam tingkat biaya dan kinerja. Setiap implementasi harns bersifat kompetitif, narnun semua implementasiharns kompatibel (serasi-pasang).Program yang berjalan pada anggota rumpun tingkat dasar juga harns bisa dijalankan pada semua anggota rumpun tingkat yang lebih atas. Sebaliknya, program yang
dipindahkan dari mesin yang berdaya tinggi ke mesin yang berdaya lebih rendah juga harns berjalan secara kompatibel, dengan memberikan mesin yang berdaya rendah tersebut dengan memori dan kemampuan disk yang memadai untuk mendukung kerjanya.
Seperti Johann Sebastian Bach, yang menggubah musik untuk dimainkan dengan piano, menghadapi kendala selera instrumen dan cita rasa musik pada jamannya. Dalam keberadaan kendala tersebut, ia menghasilkan melodi tambahan dalam suatu aransemen yang kompleks dan dalam irama gembira. Kita masih bisa menikmatinya sekarang, sekitar 250 tabun darijamannya. Kejeniusannya menggema sepanjang 10 enerasi manusia, yang hidup lebih lama dari pada gelombang perubahan artistik, politik, dan sosial.
Di atas ialah sebuah analogi tentang sebuah evolusi, begitu pula komputer juga memiliki beberapa evolusi. Para perancang komputer, menggunakan bakat dan kepandaian untuk memanfaatkan teknologi yang telah ada dengan tepat. Permasalahan yang dihadapai para perancang komputer ialah menyusun bagian yang memanfaatkan atau mengeksploitir seperangkat teknologi barn, khususnya apabila anda belum mengetabui secara pasti mengenai teknologi yang akan ada.
Arsitek komputer, harns melihat 20 tabun ke depan dan memvi- sualisasikan teknologi masa datang, agar ia dapat menciptakan mesin atau komputer yang dapat mengikuti perubahan teknologi dengan baik. Pada dua dekade yang lalu, kebanyakan arsitek tidak menyadari bahwa keputusannya untuk merancang mesin yang barn akan berdampak pada mesin yang dirancang 20 tahun atau lebih pada masa berikutnya.
Mari kita maju beberapa tahun kemudian, pada tahun 1960-an,dihasilkan gagasan mengenai rumpun komputer. Di sini seluruh anggota rumpun atau keluarga menjalankan program yang sarna dan memelihara kompatibilitas dengan hardware generasi sebelumnya apabila akan dilakukan implementasi yang berdasarkan pada teknologi yang barn. Apa yang membuat rumpun komputer berhasil? Kuncinya adalah dengan menciptakan arsitektur yang dapat diimplementasikandengan berbagai cara, untuk menjangkau berbagai macam tingkat biaya dan kinerja. Setiap implementasi harns bersifat kompetitif, narnun semua implementasiharns kompatibel (serasi-pasang).Program yang berjalan pada anggota rumpun tingkat dasar juga harns bisa dijalankan pada semua anggota rumpun tingkat yang lebih atas. Sebaliknya, program yang
dipindahkan dari mesin yang berdaya tinggi ke mesin yang berdaya lebih rendah juga harns berjalan secara kompatibel, dengan memberikan mesin yang berdaya rendah tersebut dengan memori dan kemampuan disk yang memadai untuk mendukung kerjanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar