Blogroll

Selasa, 28 Desember 2010

Tahap-Tahap Membangun Bisnis Online

Tahap-Tahap Membangun Bisnis Online
Bisnis Online akan semakin semarak di Indonesia dengan semakin tersedia dan murahnya akses internet. Bisnis online tidak lagi mengenal batas wilayah dan negara. Satu hal yg istimewa di bisnis online, jika anda tidak punya ide sama sekali, sementara anda ingin berbisnis, maka internet bisa menunjukkan anda jalan keluarnya. Banyak website di Indonesia dan dunia yg bisa anda jadikan rujukan untuk mencari ide berbisnis. Enaknya untuk mendapatkan ide tersebut kita bisa peroleh secara gratis. Misal lewat website google, amazon, forum milist bisnis di indonesia, Jejaring pertemanan seperti Facebook, dan masih banyak lagi...!. Itulah keuntungan berbisnis online dan mungkin banyak lagi keuntungan-keuntungan lainnya.

Tidaklah susah untuk menetapkan ide bisnis apa dan mencari produk apa yang pas dan bisa kita jual dan jalankan di internet. Setahu saya, orang Indonesia itu selalu kebanyakan ide. Kemampuan kita untuk menjalankan ide tersebut menjadi sebuah bisnis terkadang masih jadi kendala terbesar bagi orang Indonesia. Anda juga bisa dapat ide dari apa yg dibutuhkan orang saat ini. Dengan cara mensurvei beberapa orang. Ide anda itu nanti akan memunculkan yangg namanya produk. Baik produk barang ril, maupun produk jasa informasi. Baik produk anda sendiri, maupun produk orang lain. Produk yang akan dijual misalnya accesoris Timnas Indonesia seperti (baju, topi, jaket Timnas Indonesia) karena rakyat Indonesia lagi demam sepak bola.


 
Fase Perencanaan
Yang paling sulit adalah bagaimana menjalankan ide tersebut agar menjadi sebuah Bisnis Riil, bukan hanya sekedar “Rencana”. Kita harus buat rencana berbisnis Online ini secara matang. Karena yg kita bahas adalah masalah bisnis, tentu ide tersebut haruslah yg bisa menghasilkan income. Selain itu fase ini juga untuk menentukan tugas akan memakai website atau bagi pemula menggunakan blog juga boleh. Dan juga jangan lupa mengatur orang - orang yang membantu dalam pembuatan bisnis online ini.

Fase Pra-Perancangan
Ingat, website adalah identitas perusahaan kita. Segala transaksi bermula dari website kita. Kalo anda sudah punya website, anda boleh merasa seperti sudah punya perusahaan. Tak perlu NPWP, tak perlu ijin usaha seperti TDP, SIUP, dan sebagainya. Dalam fase ini kita juga harus merancang blog/website kita sedemikian menarik agar pengunjung tertarik untuk melihat dan membelinya.

Fase Perancangan
Dalam fase perancangan ini kita harus merancang komponen-komponen yang dibutuhkan di bisnis online ini. Komponen ini di rancang sedemikian menarik agar pengunjung tertarik untuk melihat dan membelinya. Kita juga harus menyiapkan bahan-bahan penunjang bisnis online sama pengertiannya dengan bahan-bahan untuk mengisi toko kita nanti. Kalo di toko online, bahan utama yang kita perlukan sebagai isi toko adalah tulisan atau artikel yang menjelaskan tentang toko (website ) kita. Bahan lain yg diperlukan yaitu gambar-gambar yg menunjang ide toko kita, video yg menggambarkan produk kita (tidak wajib), dan terakhir adalah produk apa yg ingin di jual sebagai inti sumber penghasilan kita.

Fase Finishing
Dalam fase Finishing ini kita harus membuat promosi, adalah hal yang paling penting untuk mengundang orang datang ke website anda. Baik dia sebagai calon pembeli, atau pun sebagai. pengunjung yg lihat-lihat saja. Agar orang se-Indonesia tahu anda punya website, maka anda harus mengundang mereka datang berkunjung. Mengundang pengunjung datang ke website kita bisa dilakukan dengan 2 cara ; promosi gratis dan promosi berbayar. Selain itu juga ada beberapa cara untuk memesan produk barang yang kita jual dalam bisnis online :
- Via SMS
- Via Telepon
- Via Email


Tidak ada komentar:

Posting Komentar